Penggunaan Function Pada Python

Untuk menyelesaikan masalah yang kompleks menggunakan perangkat lunak, kasus utama harus dipecah-pecah menjadi kasus yang lebih kecil. Kemudian kita berkonsentrasi untuk mencari pemecahan yang terbaik dari masing-masing bagian kecil ini. Masing-masing bagian diselesaikan dengan menggunakan algoritma sebaik mungkin. Bagian-bagian kecil ini pada akhirnya bisa kita gabungkan untuk memberikan jawaban yang optimal terhadap masalah yang kita hadapi.

Fungsi dipakai untuk mengumpulkan beberapa perintah yang sering dipakai dalam sebuah program. Dengan memakai fungsi, program yang kita buat menjadi lebih terstruktur. Lebih mudah diikuti oleh orang lain yang membaca program kita. Dan yang paling penting adalah mempersingkat waktu yang kita perlukan untuk mengembangkan suatu perangkat lunak. Karena perangkat lunak yang kita buat, bisa jadi memakai komponen-komponen yang sama.

Seperti layaknya sebuah bahasa pemrograman, Python juga memberikan fasilitas pembuatan fungsi yang sangat bagus. Konsep fungsi dalam Python sama dengan bahasa pemrograman C/C++, PHP, dan Java. Python menganggap fungsi dan prosedur adalah sesuatu yang sama, dalam artian cara mendeklarasikan fungsi dan prosedur adalah sama. Hanya bedanya, kalau fungsi mengembalikan suatu nilai setelah proses sedangkan prosedur tidak. berikut saya berikan gambaran penggunaan fungsi sederhana dengan library Tkinter yang sudah disediakan langsung oleh PYTHON dengan program sederhana membuat menu pada PYTHON.

Pernyataan def mendefinisikan sebuah fungsi dengan nama hajar dan pukul. Paramater-parameter yang akan dilewatkan ke dalam fungsi didaftarkan dalam tanda kurung.

Comments

Popular Posts