Program Linear Untuk Analisis Kebutuhan Padi

Dulu petani menanam padi tidak menggunakan pupuk. Alasan mereka karena pupuk dapat merusak tanaman dan unsur hara yang terkandung pada tanah pertanian masih melimpah, sehingga pupuk belum dibutuhkan dalam membantu menyuburkan lahan pertanian. Akan tetapi lama kelamaan produksi pertanian semakin menurun dan kemudian pemerintah menganjurkan petani untuk menggunakan pupuk agar menambah unsur hara pada lahan pertanian. Dan anjuran pemerintah untuk menggunakan  pupuk pada lahan pertanian  berhasil karena hasil produksi padi yang semakin meningkat. Sehingga petani percaya akan manfaat dari pupuk tersebut. Untuk mendapatkan hasil pertanian yang maksimal petani harus mengetahui komposisi pupuk yang diperlukan pada lahan pertanian.

Biasanya petani menggunakan pupuk ZA dan pupuk NPK untuk lahan pertaniannya. Karena kedua jenis pupuk tersebut aman bila digunakan untuk semua jenis tanaman dan dapat memperbaiki kualitas dan meningkatkan produksi serta nilai gizi hasil tanaman.
Program Linier dengan metode grafik adalah salah satu cara yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan optimalisasi komposisi pupuk pada padi. Dengan mengetahui kebutuhan minimal yang harus dipenuhi maka terdapat kemudahan dalam menganalisa biaya yang dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan komposisi dan dapat mengendalikan komposisi pupuk sehingga tidak kekurangan atau kelebihan pupuk.

Dengan Perkembangan teknologi yang semakin maju ini maka itu harus dimanfaatkan. Untuk itu analisis komposisi pupuk disajikan dalam bentuk aplikasi untuk mempermudah user dalam melakukan perhitungan optimalisasi jenis-jenis pupuk.  Setelah melakukan proses maka secara otomatis program aplikasi akan memberikan informasi komposisi pupuk yang diperlukan pada padi dan biaya yang harus dikeluarkan.

Aplikasi ini di buat dengan menggunakan Visual Basic 6 enterprise, lengkap dengan file projectnya yang bisa anda yang baru mengenal atau memiliki ide dan gagasan baru untuk merubah atau mengembangkan aplikasi program linear ini untuk kepentingan pendidikan maupun pribadi


Comments

Qori' said…
min kodingnya gmn? :))

Popular Posts